Nightlife

Nightlife

Yogyakarta terkenal dengan kehidupan malam yang indah, bersahabat dan tak pernah mati. Mulai dari “lesehan”, restoran, bar, coffee shop sampai nightclub di Yogyakarta adalah zona terbaik hiburan dan Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Tempat-tempat utama pada malam hari di mana Anda dapat menghabiskan waktu adalah :

Lesehan Malioboro

Jika Anda melihat banyak pedagang cinderamata dan souvenir di sepanjang Malioboro pada siang hari, maka pada malam hari di ruas jalan tersebut akan berubah menjadi deretan tempat makan yang siap menemani Anda bersantap malam dengan duduk di atas tikar tanpa kursi dan meja (lesehan). Lesehan Malioboro dengan berbagai pilihan menu yag tersedia merupakan alternatif yang menarik malam hari Anda di Yogyakarta (Mulai beroperasi setelah took-toko tutup pada pukul 21:00).

Angkringan

Adalah tempat Anda bisa menemukan berbagai macam makanan tradisional yang dijual dengan cara menaruhnya di dalam sebuah gerobak. Angkringan ada di hampir setiap ruas jalan dan gang di kota Yogyakarta. Angkringan biasanya beroperasi pada sore, malam hingga dinihari dengan penerangan rata-rata memakai lampu minyak (senthir).

Konsumen angkringan sangat bervariasi dan terdiri dari berbagai kalangan. Dari tukang becak, mahasiswa, seniman, karyawan hingga pengusaha tak sungkan menghabiskan malam untuk menyantap makanan bersama-sama dalam satu angkringan.

Salah satu angkringan yang cukup populer di Yogyakarta adalah Angkringan Lik Man.

Wayang Kulit di Sasana Hinggil

Wayang kulit merupakan seni pertunjukan budaya Jawa yang telah dipentaskan secara turun temurun. Cerita wayang ini biasanya bersumber pada beberapa kitab tua misalnya Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa ataupun Purwakanda. Namun dalam perkembangannya, cerita wayang kulit juga mengadopsi hal-hal yang terjadi pada masa kini.

Sasono Hinggil yang terletak di Alun-Alun Selatan. Pertujukan wayang kulit biasanya diadakan setiap minggu kedua dan keempat mulai pukul 21.00 WIB.

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana atau yang juga dikenal dengan istilah Ramayana Ballet merupakan sebuah pagelaran yang menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Cerita Ramayana merupakan sebuah legenda yang terpahat indah pada dinding Candi Siwa, salah satu candi yang ada di kompleks Candi Prambanan. Jika Anda berkunjung ke candi tersebut dan berjalan secara pradaksina (searah jarum jam), Anda akan menemukan alur cerita Ramayana melalui relief yang ada di sana.

Pagelaran Sendratari Ramayana dapat disaksikan di Kompleks Candi Prambanan, Jl. Raya Yogya-Solo km 16 Prambanan. Selama bulan Mei-Oktober, pertunjukan akan dilaksanakan di Panggung Terbuka Ramayana. Sedangkan bulan November-April, pertunjukan akan dilaksanakan di Panggung Tertutup Trimurti. Hal ini dikarenakan bulan-bulan tersebut adalah musim hujan. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan Sendratari Ramayana di Purawisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, sebelah Timur Kraton Yogyakarta.

Bar

Seperti kota modern lainnya, Yogyakarta juga memiliki banyak bar yang tersebar di seluruh penjuru kota. Bar dengan nuansa internasional dapat Anda temui di sekitar wilayah Sosrowijayan dan juga daerah Prawirotaman.

Nightclub

Yogyakarta adalah kota yang tak pernah mati sepanjang hari. Selain bar, nuansa hiburan malam modern di Yogyakarta juga dilengkapi dengan adanya nightclub. Pada hari-hari biasa pengunjung mayoritas adalah mahasiswa, para ekskutif muda dan juga kaum ekspatriat. Jumlah pengunjung dapat melonjak drastis pada akhir pekan dan juga pada event-event tertentu. Nightclub mulai ramai biasanya sekitar tengah malam sampai dengan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *