Disabled people

Fasilitas untuk penyandang cacat

Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan peninggalan sejarah dan banyak memiliki keunikan dibanding dengan kota lain. Oleh karena itu semua orang yang berkunjung ke Yogyakarta diharapkan memiliki pengalaman dan kesan yang sama. Namun kadang hal ini menjadi kendala tersendiri bagi wisatawan penyandang cacat. Akses yang sulit atau terbatas bagi para penyandang cacat ini menjadi perhatian tersendiri bagi para pelaku wisata di Yogyakarta.

Ubin penanda

Bagi penyandang tunanetra, informasi mengenai arah dan jalur yang aman untuk mereka tempuh ditunjukkan oleh ubin pengarah yang terdapat di sepanjang jalur pedestrian Mangkubumi – Malioboro.

Ubin pengarah ini juga memiliki manfaat lain, seperti warna kuning pada ubin dipilih agar dapat diidentifikasi dan dimanfaatkan masyarakat low vision dan buta warna. Selain itu juga sangat bermanfaat bagi orang tua sebagai penanda area aman.

Braille dan Denah Timbul

Selain fasilitas ubin penanda terdapat juga pemasangan tanda oleh Jogja Heritage Society pada rumah cagar budaya di kawasan Njeron Beteng Keraton Yogyakarta yang berisi informasi mengenai sejarah rumah yang dilengkapi dengan huruf braille dan denah timbul rumah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *