Menuju Yogyakarta

Menuju Yogyakarta

Yogyakarta dapat ditempuh melalui berbagai cara. Apakah Anda datang dari Jakarta, Singapura ataupun Bali semua dapat langsung menuju Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata terkemuka di Indonesia. Transportasi menuju Yogyakarta terhubung langsung melalui udara dan juga darat, sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan penerbangan, paket perjalanan, dan pilihan jalan raya ataupun kereta api.

Terbang ke Yogyakarta

Dari kota manapun Anda di Indonesia akan sangat mudah menuju Yogyakarta melalui udara. Sebagian besar kota di Indonesia memiliki penerbangan langsung ke Yogyakarta. Sedang kota lain yang tidak memiliki penerbangan langsung, dapat ditempuh melalui penerbangan transit. Untuk penerbangan internasional langsung menuju Yogyakarta dapat ditempuh dari Singapura dan Kuala Lumpur.

Bandar Udara di Yogyakarta

Adisucipto (atau Adisutjipto) International Airport dengan kode JOG (IATA) atau  WARJ (ICAO) adalah bandara utama yang melayani daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Bandara Adisucipto berada di pinggiran utara-timur  Kota Yogyakarta dan tidak jauh dari situs bersejarah Candi Prambanan. Secara adminisratif berada di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara Adisucipto memiliki satu terminal dengan satu landasan pacu, dengan dimensi 2.200 meter (7.200 kaki) dengan 45 meter (148 kaki) dan terletak sekitar 6 kilometer (3.7 mil) dari pusat kota.

Bandara Adisucipto adalah bandara tersibuk keempat di wilayah Jawa – Bali, setelah Soekarno-Hatta International Airport (CGK) di Jakarta, Juanda International Airport (SUB) di Surabaya dan Ngurah Rai International Airport (DPS) di Bali.

Maskapai domestik yang beroperasi di Bandara Adisucipto yakni Batavia Air, Express Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Air dan Wings Air. Sedangkan penerbangan internasional dilayani oleh Air Asia dan Malaysia Airlines.

Bandar udara terdekat selain Adisucipto adalah Adisumarmo International Airport (IATA: SOC, ICAO: WARQ) yang berada di kota Solo (Surakarta) yang berjarak sekitar 65 kilometer dari Yogyakarta. Selain itu juga Bandar Udara Internasional Achmad Yani (IATA: SRG, ICAO: WARS) yang terletak di kota Semarang dan berjarak sekitar 105 kilometer dari Kota Yogyakarta. Kedua bandar udara tersebut masuk dalam wilayah provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Bandara Adisucipto silakan kunjungi http://jogja-airport.com/

Kereta Api ke Yogyakarta

Jika Anda berada di pulau Jawa dan akan berkunjung ke Yogyakarta, kereta api menjadi salah satu alat transportasi alternatif selain pesawat. Selain lebih murah, transportasi ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Terutama untuk Anda yang senang menikmati perjalanan darat dengan segala macam keunikannya. 

Stasiun kereta di Yogyakarta 

Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu)

Stasiun Yogyakarta (kode: YK, +113 m dpl)  atau juga dikenal sebagai Stasiun Tugu terletak tak jauh dari jantung Kota Yogyakarta.  Stasiun ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dengan Jalan Malioboro. Stasiun Yogyakarta berada di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api kelas eksekutif dan bisnis.

Kereta api kelas eksekutif yang dilayani di Stasiun Yogyakarta yakni Argo Dwipangga, Argo Lawu, Argo Wilis, Bima, Gajayana, Taksaka dan Turangga. Sedangkan rangkaian kereta kelas eksekutif dan bisnis/eksekutif, bisnis, dan ekonomi yakni Lodaya, Sancaka dan Malabar. Untuk kelas bisnis adalah kereta Fajar Utama Yogya, Mutiara Selatan, Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya dan juga Kereta Prameks (Prambanan Ekspres) yang menghubungkan Yogyakarta dengan Palur dan Yogyakarta dengan Kutoarjo.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Stasiun Tugu Yogyakarta silakan hubungi :

Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu)
Jl. P. Mangkubumi No. 1 Yogyakarta 55232
Telp.: +62-274-589685

Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan (kode: LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api yang juga terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu). Stasiun Lempuyangan juga berada di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api kelas ekonomi.

Stasiun Lempuyangan menjadi titik keberangkatan kereta api Progo jurusan Pasar Senen Jakarta dan juga kereta api Sri Tanjung jurusan Banyuwangi. Selain itu Stasiun Lempuyangan juga melayani penumpang kereta api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan-Palur.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Stasiun Lempuyangan Yogyakarta silakan hubungi :

Stasiun Lempuyangan Yogyakarta
Jl Lempuyangan (Railway) Yogyakarta
Telp.: +62-274-512454

Bus ke Yogyakarta

Selain pilihan transportasi tersebut di atas, menggunakan bus merupakan alternatif yang patut  Anda pertimbangkan. 

Terminal Giwangan

Merupakan terminal penumpang utama di Yogyakarta, Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Terletak sekitar 4 km ke arah tenggara dari pusat kota. Layanan reguler tersedia menuju berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta (9 jam), Bandung (6 jam), dan Surabaya (8 jam).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Teminal Giwangan silakan hubungi :

Terminal Penumpang Yogyakarta (Giwangan)
Jl. Imogiri Giwangan Yogyakarta 55163
Telp.: +62-274-378288, 7482222; fax: +62-274-7483333 

Sub Terminal Jombor

Merupakan terminal pembantu yang terletak di Kabupaten Sleman yang khusus untuk bus-bus dengan rute perjalanan ke arah utara dan juga kota-kota tujuan yang dalam perjalanannya melewati jalur utara. Terminal Jombor terletak persis di Ringroad utara.

Shuttle Bus

Alternatif lain adalah menggunakan shuttle bus, terutama untuk jurusan kota Semarang dan Solo.  Terdapat layanan shuttle bus yang beroperasi antara kota-kota dari dan menuju Yogyakarta, misalnya Joglosemar, Cipaganti, IQRA dan Trans Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *